Cara Membuat Slime Cepat Dengan Sedikit Borax Saja

317 views

Cara membuat slime sendiri menggunakan lem Elmer dan Borax. Ahli pembuat slime sepakat bahwa lem Elmer membuat slime DIY terbaik. Namun, ada beberapa variasi rumit yang dapat mengubah slime Anda dari hanya ho-hum menjadi luar biasa. Steve Spangler membagikan resep terbaiknya untuk membuat slime berserabut, berotot, berair, lengket, bergelombang, atau bahkan magnetik. Versi slime sendiri yang populer ini mudah dibuat, dibersihkan (kebanyakan), dan alat yang hebat untuk mempelajari sifat-sifat polimer.

 

DONATE VIA PAYPAL Help give donations if the image feels useful. Donations will be use to maintain this site. Thank you!

Berikut Langkah Cara Membuat Slime Sendiri Dirumah

  1. Campurkan sekitar 1 sendok makan boraks dengan satu cangkir (237 ml) air. Aduk agar boraks larut sepenuhnya.
  2. Dalam mangkuk besar, tambahkan lem putih sebanyak yang Anda suka. Cukup sisakan ruang yang cukup di mangkuk untuk menambahkan solusi boraks.
  3. Tambahkan air ke mangkuk pengaduk dengan lem putih. Gunakan jumlah air yang sama dengan lem. Petunjuk: Jika Anda menggunakan sebotol penuh lem 8 oz (237 ml), cukup isi dengan air, aduk untuk mencampur lem tambahan, dan tuangkan ke dalamnya. Itu jumlah air tambahan yang sempurna.
  4. Cuci tanganmu! (Anda tidak ingin kotoran dan kuman dalam slime baru Anda bahkan sebelum Anda membuatnya). Sudah waktunya untuk menjadi berantakan atas nama ilmu pengetahuan. Gunakan tangan Anda untuk mencampur air dan larutan lem dalam mangkuk.
  5. Jika Anda ingin slime berwarna, sekarang saatnya menambahkan beberapa tetes pewarna makanan. Tidak terlalu banyak karena sedikit yang bisa bertahan lama di sini.
  6. Campurkan dengan tangan Anda (bersih) sehingga warnanya merata di seluruh campuran.
  7. Jadi Anda mungkin berpikir, “Ini terlalu lengket untuk menjadi slime.” Itu karena Anda belum menambahkan bahan terakhir.
  8. Tambahkan sedikit saja larutan boraks pada satu waktu dan terus campur seperti yang Anda lakukan. Menambahkan boraks secara bertahap memberi Anda konsistensi slime yang Anda inginkan pada akhirnya. Mungkin butuh beberapa tambahan untuk mendapatkannya juga.
  9. Teruslah menguleni dan mengolahnya hingga memiliki konsistensi yang halus. Seharusnya mulai saling menempel seperti adonan roti. Ketika Anda mendapatkan slime yang Anda inginkan, keluarkan dari mangkuk dan mainkan dengan itu – eh, yaitu, mengeksplorasi sifat-sifatnya – di piring atau di dalam baggie. Hati-hati jangan sampai ada karpet. Pewarna makanan akan menodai kain.
  10. Jika Anda ingin mencampurkan telur atau kejutan lain yang Anda buat, inilah tempat Anda menambahkannya.

Saat Anda selesai belajar sebanyak yang Anda inginkan dengan slime, cukup bungkus dan buang ke tempat sampah. Untungnya, Anda punya banyak Borax yang tersisa untuk membuatnya lagi dan lagi, juga!

Apabila ingin melihat cara membuat slime lebih lanjut lagi bisa kunjungi artikel cara membuat slime ini karena disitu akan lebih lengkap dan bagus.

Bagaimana Cara Kerjanya
Solusi lem sekolah dengan boraks dan air menghasilkan bahan seperti dempul yang elastis dan mengalir sangat lambat. Lem itu sebenarnya terbuat dari bahan polimer. Dalam istilah yang paling sederhana, sebuah polimer adalah rantai panjang molekul yang identik dan berulang. Anda dapat menggunakan gambar rantai baja kecil untuk memahami mengapa polimer ini berperilaku seperti itu. Setiap link dalam rantai adalah molekul dalam polimer dan satu tautan identik dengan yang lain. Saat rantai berada di tumpukan dan Anda meraihnya, itulah yang Anda dapatkan: satu. Jika Anda membuangnya di lantai, mereka tidak terhubung satu sama lain sehingga tersebar di mana-mana seperti air. Untaian mengalir satu sama lain seperti lem cair dalam mangkuk. Namun, sesuatu menyebabkan perubahan.

Katakanlah Anda melemparkan beberapa triliun magnet bulat kecil ke tumpukan rantai baja saat melakukan cara membuat slime ini. Sekarang ketika Anda meraih untuk mengambil satu untai, Anda mengambil ratusan karena magnet telah menghubungkan untaian bersama. Jika molekul-molekul saling menempel di beberapa tempat di sepanjang untaian, maka untaian-untaian tersebut saling terhubung dan zat tersebut berperilaku lebih seperti padatan. Sodium tetraborate adalah bahan kimia dalam boraks yang menghubungkan polimer dalam lem untuk membentuk bahan seperti dempul. Proses ini disebut cross-linking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *